Soal uji kompetensi pedagogik merupakan bab dari soal UKG tahun 2015. |
Baca juga: Download Kisi-Kisi Soal UKG 2015 Guru Kelas SD
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dikuasai guru, khususnya guru SD (SD). Kompetensi ini intinya ialah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran akseptor didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan memilih tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran akseptor didiknya.
Soal UKG untuk Guru Kelas SD dengan materi soal Kompetensi Pedagogik meliputi 5 aspek, yaitu:
a. Mengenal karakteristik dan potensi akseptor didik
b. Menguasasi teori berguru & prinsip-prinsip pembelajaran efektif
c. Merencanakan dan menyebarkan kurikulum
d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
Contoh Soal UKG Guru Kelas SD Materi Kompetensi Pedagogik
1. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan akseptor didik SD dari aspek sosial yaitu ....:
A. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B. berperan serta dalam permainan logika
C. menyukai teman sebaya lawan jenis
D. sanggup bekerja dalam durasi waktu yang lama
2. Anak usia SD sering disebut “usia berkelompok”. Hal tersebut mengatakan karakteristik perkembangan anak aspek ….
A. intelektual
B. emosional
C. sosial
D. moral
3. Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang sanggup teridentifikasi dalam proses pembelajaran ialah minat terhadap ….
A. persoalan sosial
B. badan manusia
C. kesehatan manusia
D. bidang olahraga
Sebelum mengikuti UKG yang akan dilaksanakan secara online tanggal 9 hingga 27 November 2015, Anda sanggup mencoba mengerjakan soal uji kompetensi pedagogik yang merupakan bab dari soal UKG. Klik tautan di bawah ini untuk berlatih mengerjakan soal UKG Guru Kelas SD:
Tahun ini nilai kompetensi rata-rata dalam UKG dari guru minimal mencapai angka 55. Pemerintah menargetkan peningkatan kompetensi guru dilihat dari Subject Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang diperlukan akan berdampak pada kualitas hasil berguru akseptor didik.
Advertisement